penjelasan hosting pemula

Berikut saya akan coba menjabarkan secara singkat 4 Jenis Hosting Dan Pengertiannya .

Untuk mempunyai sebuah website, Anda wajib dan memerlukan 3 hal ini: nama domain, hosting, dan website builder. Nah sekarang apa itu Domain? Apa itu Hosting? Bukankah itu sama?

Anda harus memahami perbedaan nya dulu dengan jelas sebelum Anda melanjutkan untuk membuat website pertama Anda .

Apa itu Hosting ?

Hosting adalah Server tempat orang menyimpan situs web mereka. Anggap saja sebagai rumah yang mana tempat Anda menyimpan semua perlengkapan Anda.
Di Hosting ini anda juga dapat menyimpan file lainnya sperti (Dokumen,Gambar, Html,Video,Dll)

Untuk mendapatkan Hosting memerlukan sebuah penyedia resmi atau perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan Hosting dan Domain.Perusahaan inilah yang akan menyimpan situs web dan data-data anda. Layanan ini juga akan menghubungkan website anda agar dapat di akses oleh publik.

Beberapa contoh: NiagaHoster,Hostinger,Namecheap,DewaWeb, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Hosting?

Biasanya, perusahaan hosting bukan sekedar hanya menyimpan situs web Anda. Berikut adalah beberapa layanan dan fitur bernilai tambahan yang dapat anda dapatkan dari penyedia hosting Anda:

  • Pembuatan nama domain – Anda juga dapat membeli dan mengelola domain dan hosting dari penyedia yang sama yang telah anda sewa.
  • Pembuat website(Website Builder)- Website Builder ini biasa di gunakan untuk mendesain sebuah website seperti contoh yang bnayk digunakan saat ini yaitu Elementor.
  • Email Bisnis – Untuk mengirim dan menerima email dari [email protected]
  • instalasi Perangkat keras Utama (penyiapan server) dan perangkat lunak seperti CMS, OS server, dan lain-lain

Jenis Hosting

Hosting sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

Shared Hosting

Virtual Private Server (VPS)

Dedicated

Cloud Hosting

Akan tetapi meskipun semua jenis server ini berbeda jenis,pada umumnya sama yaitu sebagai pusat penyimpanan untuk situs web Anda, Hosting ini hanya berbeda dalam jumlah kapasitas penyimpanan, kontrol, teknis, kecepatan server, dan keandalan.

Saya akan coba menunjukkan kepada Anda perbedaan antara shared Hosting, VPS, dedicated, dan cloud hosting berikut ini.

Shared Hosting

Di shared hosting, situs website seseorang ditempatkan di server yang sama dengan banyak situs lainnya, bisa sampai hingga ratusan atau ribuan penguna. Biasanya, semua domain dapat berkumpul dalam satu sumber daya server yang sama, seperti RAM dan CPU yang sama.

Biayanya juga terbilang sangat murah dibanding yang lainnya. Biasanya ini digunakan untuk pemakaian standard yang tidak terlalu membutuhkan sumber daya dan traffik yang besar.
Shared Hosting ini juga banyak sekali digunakan sebagai server awal untuk yang baru memulai terjun berbisnis Online.

Kekurangan – nya sendiri yaitu pembatasan akses ke Root server dan terbatasnya kemampuan untuk menampung jumlah pengunjung yang besar.

Hosting Virtual Private Server (VPS)

Hosting VPS ini dapat di katakan sebagai server pribadi.
VPS membagi servernya menjadi server virtual, di mana setiap situs web mempunyai server masing masing, akan tetapi sebenarnya mereka berbagi server dengan beberapa pengguna lain yang berbeda juga.

Pengguna VPS juga memungkinkan untuk mengakses root ke ruang virtual mereka sendiri dan mengamankan server secara mandiri. Server ini juga memungkinkan penggunanya mempunyai kontrol yang lebih luas di bandingkan Shared Hosting.

Kekurangan– Kemampuan terbatas untuk menangani lonjakan pengunjung , karna kinerja situs Anda masih dapat dipengaruhi oleh situs lain di satu server. Namun terbilang cukup untuk skala kecil dan menengah. Tergantung, ini juga berpengaruh dengan paket yang anda belanjakan.

Dedicated Server

Server khusus yang memberikan pengunanya kontrol maksimum atas server tempat situs disimpan dengan kata lain “Anda secara khusus menyewa satu server sekaligus dan Situs web Anda adalah satu-satunya situs web yang disimpan di server tersebut.

Kekurangan -Terbilang cukup mahal. Server khusus sangat mahal dan hanya disarankan bagi mereka yang membutuhkan kontrol maksimum dan ingin memiliki kinerja server yang lebih baik.

Cloud Hosting

Cloud hosting menawarkan kemampuan yang tak terbatas bagi pemiliknya untuk menangani pengunjung yang besar sekalipun.
Jadi sederhananya seperti ini : Tim server (cloud Hosting) bekerja sama untuk menampung beberapa situs web. Hal ini bertujuan agar beberapa komputer bekerja sama untuk menangani tingkat pengunjung yang tinggi.

Kekurangan – Banyak pengaturan cloud hosting tidak menawarkan akses root (diperlukan untuk mengubah pengaturan server dan menginstal beberapa perangkat lunak), biaya juga pasti lebih tinggi.

Demikian tips singkat Apa itu Hosting ? Penjelasan dan Jenis Hosting.

Kini anda dapat menentukan hosting mana yang akan anda pilih ? Bila anda masih pemula saya akan lebih merekomendasikan Shared hosting, disamping harga yang terjangkau juga sudah sangat cukup untuk seorang pemula.

Anda dapat mencoba hosting dan domain gratisan dari Hostinger. Saya juga menjelaskan secara lengkap, bagaimana membuat hosting dan domain gratis ini secara singkat dan mudah di pahami. silahkan simak disini:

Gratis ! Cara Membuat Akun Hosting dan Domain di Hostinger?

Tinggalkan pesan di kolom komentar jika ada pertanyaan atau tambahan seputar hosting.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *