freelance

Freelance “Apa itu freelancer” ?

Seorang freelancer adalah pekerja lepas yang menawarkan layanan atau jasanya, dan biasanya seorang frelancer tidak terikat dengan perusahaan secara resmi.
Menjadi seorang Frelancer sangatlah flexibel dan sering kali mengerjakan beberapa pekerjaan untuk banyak klien sekaligus.

Freelancer biasanya mendapatkan uang/penghasilan berdasarkan apa yang di kerjakan, mereka dapat menentukan tarif sesuai keinginan. Bisa per jam, harian atau projek sekali jadi. Yang dimaksud sekali jadi yaitu seorang frelancer akan mendapatkan bayaran setelah pekerjaan nya selesai. Menjadi seorang Freelancer biasanya berjangka pendek.

Beberapa pekerjaan freelance yang paling umum dan banyak di kerjakan contohnya di bidang industri kreatif seperti desain grafis, copywriting, pengembangan situs web, atau fotografi. Bukan hanya itu saja, seorang freelancer juga dapat bekerja di hampir semua industri berbasis layanan seperti terjemahan, konsultasi, dan masih banyak lagi. Perlu di ketahui ada keutungan dan kerugian menjadi seorang frelancer/pekerja lepas.

Pro dan Kontra dari seorang freelancer

Jika Anda berniat untuk menjadi seorang freelancer, Wajib dan sangat penting untuk mempertimbangkan dahulu keuntungan dan kerugian dari pekerjaan freelance sebelum benar benar terjun ke dalamnya. Berikut akan saya rangkum beberapa keuntungan dan kerugian menjadi seorang frelancer.

Keuntungan dari seorang freelancer

  • Jadwal kerja yang fleksibel: Anda dapat memilih kapan waktu untuk bekerja dan dapat mengatur jadwal Anda sendiri agar sesuai dengan pekerjaan yang lain. Sebagai freelancer, Anda dapat memilih proyek yang ingin di terima dan tidak terlalu terbatas pada pasar atau sektor tertentu.
  • Kontrol penuh atas pekerjaan: Anda dapat menentukan pekerjaan yang spesifik dan sesuai dengan kriteria minat anda, Pada kasus ini anda lah yang akan memegang kendali arah bisnis anda kedepan seperti apa. Jika anda memang fokus di satu bidang tertentu dan memang betul-betul menguasainya ini akan sangat membantu perkembangan bisnis anda kedepan. Tidak banyak juga Frelancer yang menerima pekerjaan yang bukan di bidang yang mereka kuasai/Disukai.

Kerugian Menjadi seorang Frelancer

Di sisi lain, ada beberapa kerugian yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Kurang stabil: karena pekerjaan freelance bergantung pada jangkauan klien yang cukup, banyak freelancer memiliki stabilitas keuangan yang lebih rendah dan jaminan masa depan yang lebih sedikit daripada menjadi seoerang karyawan perusaan.
  • Kerja Keras : Anda di harus lebih bekerja keras, karna mencari klien bukan lah hal yang mudah. Perlu skil tambahan yang harus di kuasai. Bagaimana cara agar klien menerima tawaran anda, bagaimana klien percaya dengan anda, dan masih banyak lagi faktor sebelum anda dan klien sepakat untuk saling bekerja sama.

Baca juga ! 7 ide dan peluang usaha online untuk 2021

Sebenarnya Ada begitu banyak Situs frelance yang dirancang untuk freelancer sehingga mereka dapat menemukan peluang baru hanya dengan mendaftar dan mulai mencari klien. Namun saya akan hanya merangkum 10 diatara sekian banyak.

1. Upwork

Upwork mungkin salah satu situs web freelance terbaik saat ini untuk mencari pekerjaan apapun jenis freelancer Anda. Bagi anda yang bergerak dalam pengembangan web, desain grafis, dan bahkan penulis lepas akan dengan mudah menemukan di situs Upwork.

Situs Freelance 1

Mulai Dari pebisnis kecil hingga perusahaan besar, banyak jenis perusahaan mencari frelancer melalui Upwork. Upwork merupakan salah satu platform situs frelance terpercaya dan untuk menjadi seorang frelancer di situs ini memerlukan pengalaman yang cukup karna mereka sangat selektif dalam hal rekruitmen freelancer.

Jika anda berhasil masuk ke platform ini maka sangat mungkin anda akan menemukan klien dengan tarif bayaran yang cukup tinggi. Inilah sebabanya mengapa Upwork sangat peduli dengan komunitasnya dengan menerapkan sistem seleksi yang tinggi.

Anda harus mempelajari bagaimana menulis proposal yang efektif, agar klien menerima dan mau bekerja sama. Jika masih sangat baru anda mungkin harus menawar bayaran di bawah rata-rata untuk membangun portofolio dan peringkat/review yang cukup untuk mendapatkan kepercayaan di masa mendatang.

Persaingan di Upwork juga terbilang cukup tinggi karna banyaknya frelancer yang berkualitas. Kecuali anda sudah menjadi Top Seller, akan sangat mudah mendapatkan klien.

Bahakan anda dapat menentukan klien mana yang akan anda terima, Tentunya untuk mendapatkan predikat Top Seller bukan lah hal yang mudah.

2. Fiverr

Dapat saya katakan bahwa Fiverr hampir mirip dengan Upwork namun lebih ramah untuk pemula.

freelance 1

Fiverr hadir dengan sistem seleksi yang lebih gampang untuk mendaftar.
Banyak Frelancer menawarkan layanan mereka di Fiverr. Banyak Klien yang berasumsi Fiverr bukan lah pilihan tepat karna harga nya yang murah, tetapi jangan biarkan hal ini membuat Anda putus asa.

Jika Anda dapat membuat spesialisasi Anda sendiri sebagai freelancer di Fiverr, ini bisa menjadi cara yang andal untuk menemukan klien baru dan mendapatkan penghasilan tambahan.
Beberapa orang perusahaan mungkin menolak Fiverr, tetapi Fiverr bisa menjadi salah satu situs web freelance terbaik jika Anda memang melakukannya dengan kerja keras.

3. Freelancer

Freelancer mencakup berbagai aspek pekerjaan desain – mulai dari desain grafis dan logo hingga SEO dan pemasaran konten. Situs web mereka menawarkan tampilan yang baik dan mudah di pahami.

Situs Freelance 2

Banyak orang menganggap Freelancer sebagai salah satu situs web lepas terbaik untuk mencari pekerjaan desain baru. Jika Anda mencari pekerjaan yang fleksibel, pekerjaan jarak jauh, atau jenis posisi lainnya, freelancer.com memiliki banyak prospek potensial.

4. 99 desain

99designs adalah situs Frelancer terbaik lainnya yang dapat di coba. Situs ini memungkinkan desainer terhubung dengan pebisnis dari seluruh dunia. Mulai dari menemukan peluang Frelance hingga bergabung dengan komunitas desainer, 99designs membuat Anda merasa didukung sebagai freelancer.

Situs Freelance 8

Disini anda dapat menemukan projek seperti Logo design, Art, Web Design, dan masih banyak lagi. Silahkan cek websitenya untuk lebih detail.

5. PeoplePerHour

Perlu di ketahui anda dapat mendaftar untuk menjadi freelancer namun perlu seleksi bersertifikat dari pihak peoplePerHour sebelum mulai mencari klien. Lengkapi syarat online yang di ajuakan sebelum bergabung dengan komunitas freelancer PeoplePerHour.

Ini dilakukan karna mereka ingin memastikan hanya freelancer terbaiklah yang cocok dengan proyek klien. Setelah mendaftar lamaran anda akan di tinjau terlebih dahulu dan memutuskan apakah portofolio anda layak dan sesuai dengan kriteria.
Setelah disetujui, Anda akan mendapatkan akses dan mulai mencari proyek dari komunitas klien internasional.

6. Dribbble

Di mana pun Anda berada Jika karier Anda sebagai seorang desainer, sudah seharusnya anda perlu menyiapkan profil di Dribbble. Banyak perusahaan besar yang takjub dengan kualitas dan variasi proyek luar biasa yang ada di Drible.

Situs Freelance 3

Memiliki profil portofolio Dribbble yang berkualitas tinggi adalah cara yang terbaik untuk mempromosikan diri Anda sendiri dan untuk menunjukkan kepada calon klien apa yang Anda mampu.

Dribbble mendapat banyak sekali review bagus, karna banyaknya klien mencari desainer berbakat di sana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menulis biografi bagus dan menunjukkan portofolio terbaik Anda.

7. Behance

Saat sedang mencari inspirasi kreatif, banyak orang di penjuru dunia pasti akan mencari Behance .

Situs Freelance 6


Behance menampilkan begitu banyak pekerjaan bagus untuk dilakuakn, termasuk ilustrasi, animasi, desain web, dan banyak lagi.

Saat Anda mengisi profil Behance dengan contoh karya Anda, karya Anda akan ditampilkan di depan audiens materi iklan yang berpikiran sama. Dan jika pekerjaan Anda mendapatkan rating yang bagus, disukai dan menjadi karya unggulan, Anda akan mendapatkan eksposur yang lebih positif.

Siapapun yang mungkin melihatnya akan sangat mungkin ingin mempekerjakan Anda. Behance juga berfungsi sebagai jaringan media sosial untuk terhubung dengan desainer lain. Memperluas jaringan relasi Anda dapat memberi Anda peluang desain baru.

8. Toptal

Proses seleksi pendaftaran di Toptal terbilang sangat ketat. sehingga dari ribuan lamaran frelancer yang mereka dapatkan setiap bulan, mereka hanya menerima sedikit saja. Toptal dapat dikatakan sedikit lebih berbeda dari situs frelancer lainnya seperti yang sudah saya kayakan di atas.

Situs Freelance 7

Mungkin tampak mengintimidasi untuk masuk ke situs Toptal, tetapi jika Anda berhasil masuk, Anda akan mendapat kesempatan untuk menempatkan diri Anda di depan beberapa perusahaan ternama yang cukup besar seperti- Airbnb, Zendesk, dan Thumbtack adalah beberapa contoh perusahaan yang telah menggunakan Toptal untuk menemukan desainer.

9. Guru

Mereka sangat mendorong transparansi pada platform freelance yang mereka kelola dan menghargai kepercayaan, memastikan bahwa apa pun peran Anda, ekspektasi terpenuhi.

Situs Freelance 4

Guru sangat menjaga autentik Brand mereka. Situs ini tidak ingin sembarangan dalam memilih calon buyer ataupun Frelancer.

10. SimplyHired

Dari nama bisa kita tebak Simply(Simple).
SimplyHired tidak memungut biaya untuk memasang posting pekerjaan kepada Frelancer. Dan untuk pekerja lepas/Frelancer yang ingin dilihat oleh klien potensial, SimplyHired membuatnya sangat mudah untuk mengunggah resume portofolio, mulai mencari klien dan menjalankan profil Anda.

Situs ini juga menawarkan sumber daya yang bagus untuk para pencari kerja, dengan panduan tentang penulisan resume, penulisan surat proposal, dan informasi lain untuk membantu Anda menemukan klien.

SimplyHired menempatkan diri mereka sebagai frelancer, dan apa yang mereka tawarkan menunjukkan bahwa mereka berinvestasi dalam membantu orang lain sukses. Anda dapat mencoba yang satu iniā€¦

Hanya itu yang dapat saya rangkum untuk artikel kali ini dan Itulah Top 10 Situs Freelance Terbaik Yang Wajib Di Coba !. Silahkan tinggalkan komentar atau tambahan.

Jika anda menyukai artikel ini dan bermanfaat silahkaan bagikan juga di sosial media agar lebih banyak lagi orang yang tahu.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *